February 1, 2016

Cara Merekam Aktivitas Layar Android Menjadi Video (Tanpa Root)

Tags

loading...
Cara Merekam Layar Android - Mungkin kamu pernah berfikir untuk menangkap aktivitas yang kamu lakukan pada layar smartphone android kamu menjadi sebuah video. Entah itu bermain game atau sekedar untuk membuat sebuah video tutorial lalu meng-upload video kamu ke youtube, atau untuk keperluan lainnya.

Untung saja smartphone android sekarang ini semakin lama fitur yang ada di dalamnya semakin canggih. Salah satunya kamu bisa merekam layar android kamu menjadi sebuah video yang beresolusi tinggi. Dan tentu saja dengan menggunakan sebuah aplikasi khusus untuk merekam aktifitas layar pada android kamu. Pada artikel ini Ikotekno akan menjelaskan sebuah aplikasi perekam layar android terbaik, tanpa ribet, tanpa root, dan tentunya gratis.

Aplikasi yang Ikotekno maksud adalah Mobizen. Kenapa mobizen? jawabannya adalah karena aplikasi ini gratis, walaupun gratis tapi kamu jangan meragukan kemampuannya ya. Aplikasi ini mampu merekam layar android dengan kualitas mencapai 12 Mbps dengan resolusi tinggi dan FPS tanpa batas. Selain itu kamu juga bisa merekam suara, merekam wajah kamu sendiri pada saat membuat video, dan juga bisa merekam sentuhan atau geser pada layar. Satu lagi, aplikasi ini bisa digunakan untuk android yang belum di-root maupun yang sudah root. Fitur lain yang bisa dilakukan pada aplikasi ini adalah kamu bisa mengendalikan (remote) android kamu dari jarak jauh.

cara merekam aktifitas layar android menjadi video tanpa root

Untuk itu, Ikotekno akan membagikan tutorial cara merekam layar smartphone android dengan mudah menggunakan aplikasi mobizen. Sebelum masuk ke langkah-langkahnya, ada beberapa alat yang kamu butuhkan antara lain:

- Komputer PC / Laptop
- Kabel USB
- Aplikasi Mobizen untuk android dan windows
- Smartphone android
- Koneksi internet.

Perlu kamu ketahui untuk komputer, kabel USB, dan koneksi internet hanya kamu butuhkan untuk pertama kali menginstall aplikasi mobizen sampai selesai. Setelah semua settingan selesai, kamu bisa menggunakannya tanpa komputer dan kabel USB. Oke, langsung saja kita ke langkah-langkahnya:

Cara Merekam Aktivitas Layar Android Menjadi Video (Root / Tanpa Root)


1. Pertama, kamu harus download dulu aplikasi Mobizen di android kamu.

2. Hubungkan android kamu dengan komputer menggunakan kabel USB, kemudian jalankan apikasi mobizen di android kamu.

3. Selanjutnya akan muncul tampilan awal aplikasi mobizen dan tekan tombol Start. Kemudian kamu akan disuruh untuk memasukkan alamat email kamu untuk login ke mobizen, supaya lebih mudah gunakanlah akun google+ atau facebook kamu untuk login. Untuk contoh ini kita akan menggunakan googe+ untuk masuk ke mobizen.

cara merekam aktifitas layar android menjadi video tanpa root

4. Kemudian kamu akan di bawa ke menu tutorial. Install plugin bila diperlukan, plugin ini digunakan untuk koneksi nantinya.

cara merekam aktifitas layar android menjadi video tanpa root

5. Selanjutnya kamu harus mengaktifkan USB debugging pada pengaturan android kamu. Caranya bisa dilakukan dengan menekan tombol It has not been set, kemudian kamu akan dibawa ke pengaturan Opsi pengembang. Aktifkan Opsi pengembang dengan mnekan tombol ON, kemudian centang pada bagian Debugging USB. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini.

cara merekam aktifitas layar android menjadi video tanpa root

6. Setelah itu kembali ke aplikasi mobizen, setelah USB Debugging dalam keadaan Enabled langsung tekan tombol Start Mobizen.

cara merekam aktifitas layar android menjadi video tanpa root

Pada tahap ini kamu belum bisa merekam layar android kamu. Untuk itu kita harus hubungkan aplikasi mobizen for android dengan aplikasi mobizen for PC.

7. Download aplikasi mobizen for PC di situs resminya https://www.mobizen.com/, kemudian pilih Download Mobizen PC dan install seperti biasa.

8. Buka aplikasi mobizen di PC, kemudian login menggunakan akun google+ yang sama dengan yang di gunakan pada mobizen for android tadi.

9. Setelah berhasil login, akan muncul sebuah kode verifikasi di mobizen PC.

cara merekam aktifitas layar android menjadi video tanpa root

10. Masukkan kode verifikasi tersebut pada mobizen di android kamu dengan cara pilih 2-Step Verification, kemudian ketikkan kode tersebut dan tekan Connect.

cara merekam aktifitas layar android menjadi video tanpa root

Penting :
Jika android kamu sudah di-root, pada saat menghubungkan mobizen PC dengan android kamu harus mengizinkan akses root pada aplikasi mobizen dengan cara menekan tombol Izinkan pada saat muncul pop-up SuperSU.

11. Jika sukses, kamu bisa mengendalikan android kamu lewat komputer secara langsung.

cara merekam aktifitas layar android menjadi video tanpa root

Sampai tahap ini kita sudah selesai melakukan settingan dan kamu boleh men-disconnect aplikasi mobizen di android dengan mobizen PC lalu mencabut kabel USB.

12. Setelah itu kamu langsung bisa merekam layar android kamu dengan menekan tombol Rcord screen, selanjutnya tekan tombol logo kamera untuk mulai merekam.

cara merekam aktifitas layar android menjadi video tanpa root

Untuk mengubah pengaturan video yang kamu rekam, kamu bisa mengaturnya melalui menu Recording preferences dan silakan di atur sesuai kebutuhanmu.

cara merekam aktifitas layar android menjadi video tanpa root

Nah, sekarang kamu sudah bisa membuat video kamu sendiri sambil bermain game dan memamerkan skill kamu ke orang lain, maupun video tutorial lainnya. Alasan kenapa Ikotekno memilih untuk menggunakan aplikasi ini dibandingkan dengan aplikasi lain adalah karena aplikasi ini gratis, dan tidak ada batasan waktu untuk merekam. Perlu kamu ketahui bahwa proses menghubungkan android dengan PC hanya berlangsung sekali saja, setelah itu kamu langsung bisa menggunakannya.

Artikel terkait : Cara Menghapus / Menghilangkan Watermark di Aplikasi Mobizen

Itulah langkah demi langkah untuk merekam aktifitas layar android menggunakan aplikasi mobizen. Jika ada pertanyaan mengenai pembahasan di atas, silakan ditulis pada kolom komentar di bawah ini. Selamat mencoba!


EmoticonEmoticon