March 11, 2016

Inilah 5 Fitur Terbaru Yang Terdapat Pada Android N

Google membuat kejutan dengan memberikan akses terhadap versi android terbarunya kepada para pengembang, yakni Android N Developer Preview. Seperti biasa, google akan menamai setiap versi android terbarunya dengan nama makanan penutup yang diawali dengan huruf abjad secara berurutan pada setiap versinya. Namun google belum membeberkan nama resmi dari versi android-nya tersebut, masih dengan sebutan Android ‘N’.

Langkah Google ini memang terbilang mengejutkan, karena biasanya Google mengumumkan android versi terbaru pada acara tahunan Google I/O yang diadakan pada bulan Mei setiap tahunnya. Perilisan Android N Developer Preview ini ditujukan untuk para developer supaya mereka bisa menyesuaikan dengan aplikasinya lebih awal dan diharapkan Google bisa menerima umpan balik dan membuat perubahan dengan secepatnya sebelum versi final Android N dirilis pada kuartal ketiga 2016.

Mengingat versi Android N ini baru setengah matang, Google memang tidak menyarankan penggunaannya untuk dipakai sehari-hari. Alasannya pada Android N versi awal ini masih banyak terdapat bug yang masih harus diperbaiki. Google rencananya akan meluncurkan update sebanyak 5 kali sebelum versi finalnya dirilis. Lalu apa saja fitur baru yang terdapat pada Android N versi awal ini? Simak selengkapnya melalui ulasan di bawah ini.


Inilah 5 Fitur Baru Yang Terdapat Pada Android N

Mode Split Screen Multitasking

Split Screen Multitasking atau yang dikenal sebagai mode multi-window adalah fitur yang memungkinkan kita untuk membuka dua aplikasi sekaligus secara bersamaan. Dengan adanya fitur ini kita akan merasakan pengalaman multi-tasking yang beda dari biasanya, misalnya kita bisa membalas BBM ketika sedang menonton video di youtube.

Split Screen memang bukan fitur baru di android, pasalnya samsung pertama kali memboyong fitur ini pada Samsung Galaxy Note II yang dirilis pada september 2012. Namun, baru kali ini Google menambahkan fitur Split Screen pada versi android-nya. Meski baru versi awal, fitur ini sangat nyaman digunakan. Tetapi banyak aplikasi pihak ketiga saat yang belum kompatibel dengan fitur ini.

Membalas Pesan Langsung dari Notifikasi


Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membalas pesan langsung melalui notifikasi. Misalnya pada saat kita menerima pesan dari BBM, WhatsApp, dan lain-lain kita bisa langsung membalasnya melalui notifikasi dengan cara menekan tombol Quick Reply. Sehingga kita akan lebih mudah membalas pesan tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu.

Peningkatan Fitur Penghemat Baterai Doze


Mode Doze bukanlah fitur terbaru yang ada pada android, fitur penghemat baterai ini sebelumnya sudah tersedia pada android Marshmallow.Pada android N Google melakukan peningkatan kemampuan yang lebih baik dari sebelumnya. Perubahan yang dilakukan adalah mode Doze akan menghemat daya ketika layar dalam keadaan mati. Hal ini akan lebih menghemat baterai smartphone dengan lebih baik dari sebelumnya.

Penghemat Kuota Data Server


Dengan adanya fitur ini, smartphone akan mengurangi konsumsi data pada aplikasi yang sedang berjalan dengan cara mengurangi bit rate saat kita sedang melakukan streming video, mengurangi kualitas gambar, selain itu fitur ini juga bekerja untuk menghemat data untuk aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sehingga android N akan lebih ramah dalam konsumsi data kuota internet kita.

Untuk saat ini Android N versi Developer Preview mendapat dukungan pada beberapa perangkat Nexus, di antaranya:
  • Nexus 5X
  • Nexus 6
  • Nexus 6P
  • Nexus Player
  • Nexus 9
  • Pixel C

Untuk Nexus 5 tidak masuk ke daftar dukungan android N versi Developer Preview. Perlu diingat, android N ini dirilis hanya untuk para Developer untuk mengembangkan aplikasinya. Untuk saat ini tidak disarankan penggunaannya untuk dipakai sehari-hari, karena kemungkinan besar masih terdapat banyak bug yang masih diperbaiki oleh Google.


EmoticonEmoticon