August 16, 2016

3 Game Engine Terbaik Untuk Membuat Game Dengan Mudah (Game Android, Windows, iOS)

Tags

loading...
Sejak awal ditemukannya video game hingga sekarang ini tidak henti-hentinya para pengembang untuk selalu membuat game terbaru dengan gameplay yang semakin menarik. Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, video game tidak hanya bisa dinikmati dari perangkat PC saja, namun juga melalui perangkat mobile seperti Android dan iOS.

Hingga sekarang video game seakan telah menghipnotis para penikmatnya sehingga melahirkan banyak gamer atau pemain game sejati yang mengisi hari-hari mereka hanya untuk bermain game, mungkin kamu salah satu dari mereka.

Namun, kamu pernah berpikir gak untuk membuat sebuah game kreasi kamu sendiri dan dinikmati oleh banyak orang? Tentu ada kebanggaan tersendiri jika kita bisa menciptakan game. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa menghasilkan uang yang sangat banyak jika game yang kita buat disukai oleh banyak orang.

aplikasi untuk membuat game

Tapi semua itu bukan tidak mungkin kita lakukan karena sekarang ini sudah banyak aplikasi atau software untuk membuat game dengan mudah walaupun kamu seorang pemula sekalipun. Jadi, kalau kamu tidak begitu paham dengan ilmu codingan yang rumit itu tidak masalah. Karena dengan menggunakan Game Engine kamu cukup melakukan drag and drop untuk mendesain game yang kamu inginkan. Gampang banget, kan? Nah, bagi kamu yang tertarik untuk membuat game sendiri di sini sudah Ikotekno rangkum beberapa Game Engine terbaik yang bisa digunakan untuk pemula.

Aplikasi / Software Untuk Membuat Game Terbaik Untuk Pemula


1.  Membuat Game Menggunakan Construct 2


aplikasi untuk membuat game

Construct 2 merupakan Game Engine yang banyak dipakai oleh para developer pemula untuk membuat game berbasis Android, Windows, Windows 8, HTML 5, dan Tizen. Salah satu keunggulan dari software ini adalah dengan adanya fitur drag n drop dan juga interface yang mudah dipahami bagi para developer pemula. Game yang sudah dibuat pun bisa kita publish ke Google Play Store. Kelebihan lain yang dimiliki Construct 2 dibandingkan aplikasi lainnya adalah tidak memiliki bug sehingga tidak terjadi masalah pada saat menggunakannya.

Namun untuk bisa menikmati semua fitur dari Game Engine ini kita harus membeli versi Pro. Tapi jika kamu ingin sekedar mencobanya kamu juga bisa kok menggunakan yang versi gratisnya, dan tentunya ada beberapa fitur yang dibatasi seperti layer yang sedikit, platform yang sedikit, event yang terbatas, dan lain-lain. Kamu bisa mendownload Construct 2 di sini.

2. Membuat Game Menggunakan Stencyl


aplikasi untuk membuat game

Berikutnya game engine yang tak kalah mudahnya untuk membuat game bagi pemula adalah Stencyl. Aplikasi ini menyediakan fitur coding blok programming yang memudahkan developer pemula untuk menyusun event dalam game. Selain itu, Stencyl juga memiliki fitur Physic World yang berfungsi membuat game menjadi seolah-olah terlihat lebih nyata.

Untuk output yang dihasilkan oleh game engine yang satu ini bisa berupa game berplatform Flash, Web, dan HTML 5. Jika dibandingkan dengan Construct 2, aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi pemula. Namun dibalik kemudahan yang diberikan, masih terdapat cukup banyak bug yang terdapat pada aplikasi ini. Kamu bisa mendownload Stencyl di sini.

3. Membuat Game Menggunakan Game Salad


aplikasi untuk membuat game

Yang terakhir, aplikasi untuk membuat game dengan mudah adalah Game Salad. Game Engine yang satu ini berfungsi untuk membuat game berplatform Windows, Android, dan iOS. Aplikasi ini juga terkenal dengan fitur drag n drop, yang tentu saja dikhususkan untuk para developer pemula. Game Salad mempunyai library yang cukup banyak serta masih banyak fitur lainnya untuk mempermudah dalam pembuatan game.

Akan tetapi dalam versi gratisnya beberapa fitur akan dibatasi, seperti kita hanya bisa membuat game untuk platform Web dan iOS saja, interface yang dibatasi, dan lain-lain. Jika kamu ingin mempublikasikan ke Google Play store, kamu harus membelinya dalam versi Pro. Kamu bisa mendownload Game Salad di sini.

Kesimpulan:


Dari ketiga game engine di atas, semuanya memiliki fitur drag n drop yang tentu saja akan memudahkan developer pemula. Namun semuanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk kamu yang pertama kali terjun ke dunia developer game, Ikotekno sarankan untuk menggunakan Consturct 2. Alasannya selain tidak memiliki bug, kamu juga akan lebih mudah dalam membuat game karena tutorialnya yang banyak tersedia di internet.

Gimana,  Kamu tertarik untuk membuat game kamu sendiri dan bersiap untuk mendapatkan uang? Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk memilih game engine terbaik untuk membuat game.


EmoticonEmoticon